Tips Menghadapi Orang tua yang CUEK

Bagaimana jika orang tuamu bukan hanya tidak menetapkan aturan ?
tetapi tidak pernah bertanya tentang kehidupanmu, sekolahmu, atau teman-temanmu ?
Mereka begitu sibuk dengan pekerjaan dan teman-teman mereka sendiri-sendiri dan mereka tidak punya waktu lagi untukmu…..
Itu menyakitkan tentu saja. Kalau demikian, cara-caranya adalah :

1. Kamu perlu memberi tahu mereka bahwa kamu ingin melewatkan lebih banyak waktu bersama mereka. Mungkin mereka akan tersanjung dan meluangkan lebih banyak waktunya bersamamu. Pria yang telah meluangkan waktu kedewasaannya di dunia bisnis mungkin tidak akan tahu bagaimana cara menjadi ayah yang sensitif. Maka dari itu kamu dapat membantunya berubah dengan cara mengatakan  “Ayah, aku tau ayah sibuk. Tetapi aku akan sangat senang apabila ayah dapat menghadiri acara wisudaku”. Atau mungkin kau tidak akan dapat mengubahnya. dan kamu harus menerima dia dengan segala kekurangannya. Atau beberapa tahun lagi, mungkin kedekatan itu akan lebih mudah.

2. Cobalah memulai pembicaraan dengan kedua orang tuamu.
Jika kau ingin mereka tidak melupakan saat-saat pentingmu, ingatkan jauh-jauh hari sebelum acara itu dimulai.

3. Jika salah satu orang tuamu melakukan sesuatu, Temani saja mereka.
Jika kamu lihat ayahmu sedang duduk menonton tv, duduklah bersamanya.Atau tinggalkan secarik kertas memo di atas bantal atau tas kerja orang tuamu dengan bunyi “Aku tidak sering mengatakannya, Tetapi aku mencintaimu”

4. Jangan lupakan cara-cara sederhana untuk menunjukkan bahwa kamu sayang pada mereka.
Bujuk ayahmu agar berhenti merokok. atau ajak ibumu untuk berolahraga denganmu. Cucilah piring makanan yang menumpuk apabila ibumu tidak suka dengan piring kotor yang menumpuk. Tanyakan pada ayahmu apakah pileknya sudah sembuh. Kalau kamu bersikap sedikit lebih manis dari biasanya, mungkin orang tuamu akan menunjukkan sukap yang sama.

5. Bicaralah dengan orang tuamu dari hati ke hati
kamu bisa melakukannya saat berada di mobil atau ketika sedang bersepeda. Cobalah untuk bertanya tentang orang tuamu. contohnya :
“bagaimana pekerjaan papa/mama hari ini ?”
“tolong ceritakan dong. aku bahkan tidak tahu apa yang mama/papa kerjakan”
“bagaimana sih ceritanya papa dan mama waktu bertemu ?

6. Ajaklah mereka untuk melakukan aktifitas bersamamu. Contohnya, membuat kue, membuat pop corn, atau main kartu. ajak mereka dengan lembut dan pengertian. kalau mereka menolak ajakanmu. Ajaklah mereka dilain waktu dengan mengucapkan. “bagaimana kalau minggu pagi kita jogging bersama-sama ?”

7. Jangan mencoba untuk bermain-main dengan suasana hati mereka.
Beberapa orang tua tidak akan atau tidak bisa menanggapinya. kalau kamu ber akrobat di depan merka, mungkin mereka akan terhibur, mungkin juga tidak, dan hal semacam itu jarang sekali mendatangkan kemajuan yang berarti bagi hubungan kalian. Sementara itu, kau dapat berpuas diri untuk melihat panutan dan mendapatkan kasih yang layak kau terima dari teman-temanmu, orang dewasa yang kau percayai, dan kerabatmu

Nah, itu adalah sebagian kecil yang dapat dilakukan untuk mengubah sikap orang tuamu kepadamu yang semula cuek menjadi perhatian…
Semoga bermanfaat ya :)

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s