Musikalisasi Puisi (Ayah)

Musikalisasi Puisi 🙂
Beberapa waktu lalu saya ada tugas musikalisasi puisi..
saya membuat kata – kata seperti puisi lalu mencocokkannya dengan lagu…
nah, dibawah ini adalah kata-kata untuk musikalisasi puisi karya saya…
silahkan jika mau mencoba..
dinyanyikan dengan iringan nada di lagu Once “Ku cinta kau apa adanya”
silahkan mencocokkan sendiri…

Cek it !!! 🙂

Menyanyikan Puisi

menit ke 00:14
Kau bagai cahaya hidupku…
Yang selalu sinari hariku…
Merelakan hidupmu,
untuk kebahagiaanku,
dan keluargamu…

menit ke 00:45
Ku ingin nanti suatu saat…
ku balas perjuanganmu…
dan kulihat dirimu, tersenyum padaku,
bangga karenaku…

menit ke  01:14
Terimakasih terucap dari hatiku…
percayalah ku akan selalu do’a kan mu…
semoga Tuhan selalu bersamamu…
engkaulah ayahku…
ku menyayangimu selalu…

Membaca puisi

menit ke 01:53

Ayah…
Seorang lelaki gagah dalam hidupku..
Ia tak pernah menyakitiku..
ataupun melukaiku…
Ayah..
laksana pengemangat dalam hidupku…
membuatku terus bertahan..
menghadapi kejamnya dunia..
Terimakasih Ayah….
aku berjanji akan selalu bahagiakanmu..
akan selalu mencoba menumbuhkan senyuman manis di bibirmu…
ayah, maafkan keangkuhanku..
yang selama ini tak pernah berkata “aku sayang ayah”
dengarlah ini suara hatiku…
ungkapan kasih sayangku…
puisi cintaku untuk Ayah…..

membaca puisi berakhir di menit ke 02:49

Kembali menyanyikan puisi

 

menit ke 03:13
Terimakasih terucap dari hatiku…
atas perjuanganmu dalam hidupku…
ayah yakinlah, ku sayang padamu selalu….

menit ke 03:37
Terimakasih terucap dari hatiku…
percayalah ku akan selalu do’a kan mu…
selalu bersedia bahagiakanmu…
apapun terjadi..
ku menyayangimu selalu…

Thanks a lot to my lovely father 🙂
I LOVE YOU My Father..

Image

di depan Gunung Bromo bersama Ayah…

Image

di Pasir Putih Jawa Timur.. bersama ayah, sekitar Tahun 2007
Liburan terbaik yang kuingat bersama keluargaku 🙂

Image

Sekitar tahun 2009 Liburan di Jawa Timur Park bersama seluruh keluarga besar…

Sekian…
Semoga Bermanfaat 🙂

DUA RATUS RIBU

“Nek, belikan seragam baru, ya ? seragamku sudah sempit” pintaku
“sabar ya, uang nenek belum cukup. Tunggu bulan depan ya.” kata nenek

Aku menghela napas kecewa, tapi tidak marah. Aku sadar, nenek tidak punya banyak uang. Namaku adalah Fandi. Nenek mengasuhku sejak ayah ibuku meninggal tujuh tahun lalu karena kecelakaan bis.

Esoknya, aku kembali bersekolah dengan seragamku yang usang dan sepatuku yang beberapa bagiannya telah robek. Tetapi, peralatan sekolahku yang seperti ini tidak mengahalangi aku untuk belajar disekolahku ini. Sepulang sekolah, aku dan teman-teman berjalan melewati kebun kelapa milik Pak Sabar, kulihat ada beberapa orang sedang memanen kebun Pak Sabar.

Sesampainya dirumah Nenek sudah menyambutku dan sudah mempersiapkan sarapanku. Lalu, akupun makan bersama Nenek dengan lauk pauk seadanya. Saat makan aku teringat saat pulang sekolah tadi,
“nek, boleh aku bekerja?” tanyaku tiba-tiba
nenek menatapku sedih dan bertanya “mau kerja apa?”
“memetik kelapa di kebun Pak Sabar” jawabku pasti
Nenek tampak khawatir “tapi, itu berbahaya. Pohon kelapa sangat tinggi. Kalau jatuh, kamu bisa mati.” ujar nenek
“tapi aku kan jago memanjat Nek” belaku
“kalau tetap ingin bekerja, mengapa tidak mengupas atau memunguti kelapa saja” ujar Nenek
            Wah Nenek betul, aku setuju dengan usul Nenek. Dengan berat hati, nenek akhirnya mengizinkan aku bekerja. Sore harinya, aku pergi kerumah Pak Sabar untuk memohon pekerjaan.
“berapa umurmu?” tanya Pak Sabar
“sepuluh tahun Pak” jawabku pelan
Pak Sabar mengamatiku dan berkata “aku tidak memperkerjakan anak-anak”

Aku kecewa mendengarnya. Ketika hendak pergi Pak Sabar menahanku. Beliau mengambi dompet dari sakunya dan mengeluarkan dua lembar uang seratus ribuan dari dompet. Itu lebih besar dari pada upah memetik, memunguti, dan mengupas kelapa kalau dijadikan satu. Lalu beliau memberikannya padaku.
“untuk keperluan sekolahmu” katanya

Mataku berkilat riang menerimanya. Tanganku gemetar. Belum pernah aku memegang uang sebanyak itu. Terbayang olehku seragam baru, sepatu baru, buku-buku baru, dan tas baru. Akan tetapi, aku meletakka uang itu diatas meja
“saya tidak bisa menerima uang ini, Pak” kataku
“kenapa?” tanya Pak Sabar heran
“karena saya harus bekerja untuk mendapatkannya” jawabku tegas
“oh, begitu” kata Pak Sabar sambil menyimpan kembali uang itu didompetnya.
“aku tetap tidak bisa menerimamu bekerja disini” kata Pak Sabar

Hilanglah kesempatanku untuk mendapat uang dua ratus ribu. Walau begitu aku tidak putus asa. Panen kelapa kebetulan dilakukan pada hari minggu. Pagi-pagi, aku pergi ke kebun kelapa Pak Sabar. Di sana, aku melihat Pak Sabar sedang mengawasi para pekerjanya. Aku menghampirinya dan memohon agar diperbolehkan ikut bekerja. Usahaku tidak sia-sia.
Pak sabar menghela nafas kemudian bertanya, “kamu mau kerja apa?”
“memunguti dan mengupas kelapa” jawabku takut-takut
“baiklah, kamu boleh ikut bekerja. Tapi bila kamu malas, jangan harap mendapat upah” kata Pak Sabar

Aku pun segera bergabung dengan pekerja yang lain. Memunguti kelapa ternyata tidak semudah yang kubayangkan. Terkadang, kelapa-kelapa itu jatuh dan menggelinding ke semak-semak berduri, jatuh ke jurang yang curam, atau ke sungai yang berarus deras. Mengupas kelapa sepertinya lebih mudah. Caranya tinggal menancapkan kelapa ke ujung linggis yang diberdirikan, kemudian kelara ditekan kebawah hingga sabutnya sobek. Namun, karena linggisnya tajam, Pak Sabar melarangku dan hanya mengizinkan aku memunguti kelapa ditempat yang mudah.

 

Karena harus bolak-balik memunguti kelapa, aku letih juga. Tenagaku hampir habis. Upah yang kuterima hanya sedikit. Tapi aku bangga. Karena uang itu kudapat dengan susah payah, bukan mengemis. Dan sorenya, aku bersama nenek pergi ke toko untuk membeli seragam baru.

Saat kami pulang, seseorang telah menunggu didepan rumah. Ia pesuruh Pak Sabar. Ia membawa buku-buku, sepatu, seragam, tas, dan……………… sepeda baru.
“ini untukmu dik” kata kakak itu
“untukku ? tapi kenapa Pak Sabar memberiku hadiah-hadiah ini ? apa yang telah aku lakukan ?” tanyaku heran

Kakak itu menjelaskan bahwa Pak Sabar suka padaku, karena aku tidak kenal menyerah. Juga karena aku lebih memilih bekerja daripada uang dua ratus ribu. Nenek menagis haru disampingku.
“terimalah nak,” kata nenek padaku sambil menyeka air matanya

Aku mengangguk gembira. Aku bersyukur, masih ada orang yang sangat dermawan seperti Pak Sabar. Terimakasih pak, batinku…..

 

semoga terhibur…
(pernah jadi tugas,, dikutip dari majalah bobo edisi berapa ya saya lupa 😀 yang jelas udah lama banget, jamannya saya SD mungkin 😀 hahaha )

THE LEGEND OF “BANYUBIRU”

Image

Long of time, there were two people. They lived in the forest near of the Sumberejo village, Winongan distric, Pasuruan regency. They were the former soldier of Majapahit Kingdom. They were Kebut and Tombro. They made the forest to be settlement. Now, known by the name Jambaan village.

They lived in a peace they managed the land. In addition to live, Kebut opened a blacksmith shop. Since before he was known as the expert made the knife and other sharp weapons.  Tombro just farming. He had two buffaloes. The ricefield was plowed by these buffalo.  Kebut had some monkeys. The monkeys accompanied Kebut to find some fruits in the forest.

One day, Tombro’s buffaloes would go to eat in the field. As ussual the buffaloes went alone they weren’t accompanied by their owners. In the afternoon the buffaloes were usually home alone to the back house. But, in this afternoon when Tombro would close the stable door, he didn’t see his buffaloes. He looked for the buffaloes around the village. Then, he saw his buffaloes in a small pond. Before, he never saw the pond. It is the strange pond. Then Tombro hit his buffalo  so they came out from the puddle. But, the buffaloes didn’t move. The buffalo was apparently trapped in the mud. So, he immediatly picked four Taro leaves and spreaded them to the buffaloes. Then the buffaloes went out from the mud and ran toward the barn.

Tombro stood near of the pond. He saw a strange phenomena. Now, he didn’t  see the turbit mud in the pond. But, he saw the water that was very clean. Then, he saw two small fishes that swam among the branch at the bottom of the pond. He back to the house and told Kebut about this. Kebut and Tombro went to the place and they took care of the place. Time to the time the small pond was changed to be a big pool. And the two fishes breed and to be a lot. The fishes name was “Tombro” fishes. And the people called the place “BANYUBIRU”.

Image

Kebut’s monkies developed into a lot too and since Kebut was dead the monkies usually were hunted by the Japanes soldier. So the monkies went to the forest near of the Umbulan village. We could find the grave of Tombro and Kebut in Banyubiru.

Every Friday, there are many people who come and swim in Banyubiru. They belived that the water in Banyubiru makes us young and it makes us lucky.

 

 

Banyubiru is located in east of Winongan district, Pasuruan regency, East Java, Indonesia…

Image

You can also find many unique things in Banyubiru. Such as : Grave, Stupe, and some statue..

Image

There are 2 natural pool and 2 artificial pool…

Image

Feel the excitement while swimming in the fresh water and swim between many big fishes…

Image

Come and Have Fun !!

How to Transplanting (cara mencangkok)

Material and Instrument :
(bahan dan alat)

– Plant
(tanaman)
– One-meter rope and divided into 2. 
(satu meter tali dibagi dua)
– A little cotton wool and clean water.
(kapas dan air bersih)
– Disinfectants for plants.
(desinfektan untuk tanaman)
– Land grilled taste.
(tanah gembur)
– Two (2) plastic sheets that have been perforated polybags.
(dua plastik polybag / plastik berlubang)
– A razor blade.
(silet)
– A plant cuttings
(gunting tanaman)

Image

Steps:

1. Select branches that are not too old (hard) and also not too young.
(pilih cabang yang tidak terlalu tua (berbatang keras) dan tidak juga terlalu muda

Image

2. After finding the appropriate branch, so roughly about 10 cm in length, the skinned limb skin using a razor blade.
(setelah menemukan batang yang pas,, lalu kuliti batang dengan panjang sekitar 10 cm menggunakan pisau tajam atau silet) : HATI-HATI SAAT MELAKUKANNYA !!!

Image

3. After that, use a wet cotton wool with clean water and clean the parts branch that had been flayed.
(Setelah itu, gunakan kapas basah dengan air bersih dan bersihkan bagian yang telah dikuliti)

Image

4. Place plastic wrap plastic so the bottom branches, then fill with ground roasted.
(lingkarkan plastik polybag / plastik berlubang dibawah sayatan batang)

Image

 

5. Then fill with ground roasted.
(lalu isi dengan tanah secukupnya)

Image

6. Wrap with plastic wrap both like candy. Tie both ends by rope so it can wrap the entire tree limb that had been flayed.
(Bungkus batang dan tanahnya dengan plastik seperti permen. Lalu, ikat kedua ujungnya dengan tali sehingga dapat membungkus seluruh dahan pohon yang telah dikuliti)

Image

7. Watered grafts with a number of clean water.
(siram cangkokan dengan air bersih secukupnya)

Image

 

Some things to note :
(catatan)

– Do it with caution especially when skinning because:
– Tubes filters on the plant if the damage would cause the failure of the transplant.
– Network under the skin around the plant is very weak and vulnerable to bacterial or viral infection.
– Select a branch that has a diameter of approximately between 5 cm to 7 cm.
– To sprinkler does not require much water and only need watering once a day to avoid spoilage.

Lakukan dengan hati-hati terutama saat menguliti karena:
– Tabung filter pada tanaman jika kerusakan akan menyebabkan kegagalan transplantasi.
– Jaringan di bawah kulit di sekitar tanaman sangat lemah dan rentan terhadap infeksi bakteri atau virus.
– Pilih cabang yang memiliki diameter sekitar antara 5 cm hingga 7 cm.
– Untuk sprinkler tidak memerlukan banyak air dan hanya perlu disiram sekali sehari untuk menghindari pembusukan.

 

If you follow the steps – steps above, you are guaranteed that the outcome of grafts will be successful in a period of around 2 months
Jika Anda mengikuti langkah – langkah di atas, Anda dijamin bahwa hasil cangkokan akan berhasil dalam kurun waktu sekitar 2 bulan

 

GOOD LUCK 🙂

Kuis : Lebih mengenal dirimu

Kita semua kenal dengan orang-orang yang bersedia menaggalkan kausnya demi temannya yang kedinginan, dan orang-orang yang tidak sudi memberikan waktunya sedikitpun untuk kita.
Kamu termasuk tipe yang mana ???
Apakah kamu terlalu baik ???
atau malah Tidak cukup baik ???
Untuk mengetahuinya, jawablah pertanyaan dibawah ini dengan memilih jawaban yang paling tepat dengan dirimu.
Lalu lihat skornya….

Image

1. Kamu baru saja menjaga anak-anak dari pukul 9.00 sampai 14.00. Ibu mereka pulang, mengambil dompetnya dan berkata “aku harus membayarmu empat jam”. Kamu ?
a) menjelaskan dengan sopan bahwa yang dia maksud adalah lima jam
b) menerima bayaran empat jam karena kamu tidak mau ribut-ribut dengannya dan kamu ingin agar dia
memintamu untuk kembali bekerja disitu
c) katakan padanya bahwa kamu tidak mau dicurangi atas uang yang harusnya kamu dapatkan
d) berkata “hmm, dari 9 ke 10, 11, 12, 1, 2 dengan suara yang ragu-ragu”

2. Kamu tidak begitu menyukai teman kencanmu. Tetapi  dia membawamu ke restoran yang mahal untuk makan malam. Dalam perjalanan pulang, dia melajukan mobilnya ke jalan yang sepi dan gelap, menepikan mobilnya, dan tiba-tiba mendekat untuk menciummu, kamu ?
a) bicara merepet setiap kali dia merapatkan tubuhnya ke arahmu
b) mendorongnya menjauh dan mendesaknya untuk mengantarkanmu pulang
c) membalas ciumannya. Kamu merasa perlu membalas kebaikannya
d) mengatakan padanya bahwa kamu menikmati malam itu, tapi kamu belum siap untuk mulai serius atau
lebih intim

3. Pagi ini, kelasmu diberi kejutan ulangan sejarah yang sulit. Gurumu memperingatkan kalian untuk tidak memberitahu kelas sore karena nanti mereka juga akan diberi kejutan ulangan itu. Sorenya, kamu bertemu dengan cewek yang ngetop disekolahmu dan dia bertanya “Bagaimana pelajaran sejarahnya ?”. kamu :
a) pura-pura tidak mendengar dan memuji sepatunya
b) berkata “lihat sendiri saja deh nanti” dan segera pergi
c) memberitahunya tentang ulangan itu, dan ketika dia membujukmu untuk memberi bocoran, kamu membisikkan soal-soalnya
d) menjawab “tidak begitu menyenangkan” dan mengubah pembicaraannya

4. Seorang cowok mengajakmu nonton film pembunuhan sadis yang berdarah-darah yang jelas tidak kamu sukai. Kamu :
a) berkata “ide yang sangat bagus. Aku sudah tidak sabar menontonnya”
b) bertanya “ada film lainnya?”
c) berkata “kalau kamu bener-bener ingin nonton, aku mau saja”
d) menjawab “tidak terima kasih, aku tidak tahan nonton film yang penuh kekerasan

5. Kamu sedang belajar untuk mempersiapkan tes bahasa Inggris besok pagi ketika temanmu yang hobi curhat meneleponmu. Kamu ?
a) berkata, “aku tidak bisa ngobrol denganmu sekarang”
b) meladeni obrolannya sampai hampir 1 jam
c) berkata, “kita ngobrol 5 menit saja ya, setelah itu aku harus belajar lagi”
d) panik, “papa memanggilku, aku harus pergi kesana, udah ya!”

6. Teman kelasmu yang pernah meminjam uang darimu untuk makan siang, tetapi tidak pernah mengembalikannya, bertanya apakah kamu mau meminjami dia uang untuk makan siang lagi. Kamu ?
a) menolak untuk meminjaminya dan mengingatkannya bahwa ia masih punya hutang yang belum dibayar
b) berkata, “aku tidak bawa uang lebih hari ini”
c) memberinya Rp 20.000
d) berkata, “Lupakan saja!”  dan menyeringai supaya dia tahu bahwa kamu tak percaya dia masih punya nyali untuk pinjam uang lagi

7. Seorang temanmu mengembalikan sweater kuningmu yang dipinjamnya, dengan noda baru berwarna coklat persis di bagian depan. Kamu ?
a) berkata, “berani-beraninya kau mengembalikan sweaterku dalam keadaan seperti ini?”
b) memintanya untuk mencoba mencucinya dengan tangan atau men-dry-clean sweater itu
c) berkata “Terimakasih” dan pura-pura tidak melihat noda itu
d) mengangkat sweater itu sedemikian rupa sehinggga dia tau kamu sedang melihat noda itu dan berharap dia bersedia memberi penjelasan

8. Kamu dan selusin temanmu tergabung dalam panitia untuk merencanakan piknik sekolah. Untuk besok sore jam 4 sudah ditetapkan suatu pertemuan. Tetapi ketua panitia memajukkannya menjadi jam 3 sore. Dia memintamu untuk menelepon semua anggota panita untuk memberitahukan perubahan jam itu. Kamu ?
a) nanti malam aku tidak dirumah, jadi aku tidak bisa membantumu
b) mulai mengumpulkan nomor telepon mereka
c) berkata, “aku akan menelepon beberapa orang. Tapi mari kita bagi tugas saja”
d) menjawab dengan mantap, “yang mengubah jadwal kan kamu sendiri. Jadi yang harus menelpon mereka ya kamu sendiri!”

9. Setiap kali kamu pergi bareng denga temanmu Justin, ujung-ujungnya kamu harus membantunya mencuci mobil atau menyiangi rumput. Hari ini, dia meneleponmu untuk menemani dia yang sedang merakit lemarinya. Kamu ?
a) berkata, “nggak mau ah, kecuali kamu sudah siap untuk melakukan suatu hal yang menyenangkan diluar rumah, kasih tau aku ya!”
b) menjawab “oke, aku akan pergi kesana” . toh, selama ini dia menikmati waktunya bersamamu
c) berkata, “maaf, aku lagi sibuk banget nih”
d) mengatakan sesuatu seperti “aku akan membantumu tapi dengan satu syarat : setelah itu kita pergi
beli es krim dan jalan-jalan”

10. Tantemu telah menunjukkan dua buku album keluarganya, dan kamu merasa bosan ketika dia membuka buku ketiga. Kamu ?
a) dengan sopan bertanya, “siapa pasangan ini dan bagaimana Tante kenal mereka ?”
b) berkata, “aku sudah bosan dengan album keluarga”
c) mengajaknya pergi jalan-jalan dan melanjutkan album berikutnya nanti saja
d) bertanya, “apa mata tante tidak capek?”

11. Lima cewek/cowok nyelonong begitu saja di antrian depanmu pada suatu konser. Kamu ?
a) melangkah ke depan mereka dan menunjukkan kepada setiap orang dari mereka bahwa kamu sebal dengan tingkah mereka yang tidak sopan itu
b) berdehem keras beberapa kali dan memelototi mereka
c) berdiri diam dibelakang mereka. Kamu tidak mau ribut-ribut
d) berkata, “maaf ya, tapi antrian kalian dibelakang sana”

12. Akhirnya cowok/cewek yang kamu taksir mengajakmu pergi bareng, dan kalian pergi ke suatu restoran yang ramai. Tiba-tiba tetangga sebelah rumahmu dan anak laki-lakinya yang masih SD itu lewat didepan mejamu. Anak laki-laki itu senang sekali melihatmu, sehingga ibunya bertanya, “boleh kami gabung?”. Kamu ?
a) menundukkan kepalamu dalam-dalam di balik daftar menu sampai tetanggamu yang keheranan itu
pergi sendiri
b) berkata bahwa kamu akan mampir kerumah mereka, tapi sekarang kamu perlu membicarakan sesuatu dengan temanmu
c) berkata, “maaf, kamu akan membicarakan sesuatu yang pribadi”
d) dengan agak linglung kamu mendengar dirimu menjawab, “tentu saja, silahkan duduk”

13. Ada seorang cewek/cowok ngetop yang selalu meminta bantuanmu untuk mengerjakan PR matematika di aula belajar, tetapi nyaris tak pernah bicara denganmu diluar sekolah. Sekarang dia berjalan mendekatimu lagi dengan ramah sambil membawa buku geometri. Kamu ?
a) berkata, “minggat sana cewek/cowok munafik!”
b) membantunya, tapi sambil ngedumel, mengetuk-ngetukkan jari dan melihat arlojimu
c) membantunya seperti biasanya. Itu lebih mudah daripada mencoba melakukan suatu perlawanan
d) menjelaskan bahwa kamu akan lebih suka membantunya disekolah seandainya dia mau bersikap
ramah diluar sekolah

14. Kamu sudah mengumpulkan sering kali lembur di toko tempatmu bekerja sambilan. Jam pulangmu adalah pukul 5 sore. Tetapi majikanmu memintamu untuk tetap bekerja sampai toko tutup pada pukul 9 malam. Kamu sudah kecapekan, sudah janji kepada orang tuamu untuk makan malam bersama, dan kamu harus membaca novel untuk resensi pada pelajaran bahasa indonesia. Kamu ?
a) berkata, “saya sudah ada janji malam ini, tapi kalau anda benar-benar membutuhkan saya, mungkin aku bisa lembur lagi”
b) meminta maaf dan menolak untuk lembur lagi karena kamu sudah ada janji
c) setuju untuk bekerja tanpa mengeluh sedikitpun
d) sambil setengah merajuk kamu mengatakan bahwa dia lupa kamu punya kehidupan pribadi

15. Seorang cowok/cewek yang sama sekali tidak kamu suka terus-terusan meneleponmu untuk mengajakmu pergi. Kamu sudah mengajukan seribu satu alasan. Tetapi dia tidak pernah mengerti sinyal-sinyal itu, dan dia meneleponmu lagi. Kamu ?
a) langsung menutup telepon begitu kamu mengenali suaranya
b) menjelaskan sediplomatis mungkin bahwa kamu menyukainya, tapi hanya sebatas teman
c) berkata, “aku punya banyak PR yang harus segera aku kerjakan. Tapi terimakasih atas ajakanmu, lain kali telpon lagi, ya!”
d) memutuskan untuk pergi bersamanya, tanpa peduli dengan perasaanmu sendiri

Penilaian

Gimana ???
Apakah kamu terlalu baik ????
tidak cukup baik ????
temukan skor kebaikanmu dengan melingkari huruf yang menjadi jawabanmu diatas. Lalu jumahkan skormu dan lihatlah hasilnya…

1)         A.1       B.3       C.4       D.2

2)         A. 2      B.4       C.3       D.1

3)         A.2       B.4       C.3       D.1

4)         A.3       B.1       C.2       D.4

5)         A.4       B.3       C.1       D.2

6)         A.1       B.2       C.3       D.4

7)         A.4       B.1       C.3       D.2

8)         A.2       B.3       C.1       D.4

9)         A.4       B.3       C.2       D.1

10)       A.3       B.4       C.1       D.2

11)       A.4       B.2       C.3       D.1

12)       A.2       B.1       C.4       D.3

13)       A.4       B.2       C.3       D.1

14)       A.2       B.1       C.3       D.4

15)       A.4       B.1       C.2       D.3

15 sampai 25
Selamat !!!
Kamu tau apa yang kamu inginkan dan cukup berani untuk mengungkapkannya, tetapi kamu selali ingat dan mempertimbangkan perasaan orang lain. …
Ketika muncul masalah, kamu langsung menghadapinya. …
Karena kamu orang yang sopan dan percaya diri, teman-temanmu juga menghargaimu…

26 sampai 37
Ada tipe singa ada juga tipe domba, dan kamu ada ditengah-tengahnya….
Biasanya kamu berusaha membebaskan diri dari keadaan yang tidak menyenangkan….
Tetapi alih-alih menghadapi masalah itu secara langsung, kamu sering melarikan diri dari pintu belakang, berusaha mengelak dan mengatakan sesuatu dengan sungkan….
Kamu sering mendapat masalah gara-gara kamu suka berbasa-basi? Lagi-lagi kamu mendapati dirimu terperangkap dalam lubang yang sama….
Alasanmu mungkin ampuh untuk satu kali saja, tetapi kamu harus memikirkan alasan yang baru…. Bersikaplah peka, tetapi mulailah membicarakan apa yang ada dalam pikiranmu agar mereka tidak terlalu banyak menebak-nebak….

38 sampai 49
Murah hati, penuh simpati, suka menolong. Itulah dirimu !!!
Tetapi menjadi orang yang mendesak itu tidak lebih baik daripada orang yang didesak, jadi jangan biarkan kebaikan hatimu itu salah arah…
Kalau kamu meminjamkan satu-satunya payungmu ketika kamu berada di tengah hujan badai, itu bersikap baik terhadap orang lain, tetapi tidak bersikap baik untuk dirimu sendiri….
Banyak yang mengasihimu karena kelembutan hatimu, tetapi banyak juga orang lain yang mencoba memanfaatkanmu….
Beberpa orang menyebalkan memintamu untuk sesuatu yang menyenangkan mereka….
Tetapi alih-alih menunjukkan penghargaannya, mereka malah memperlakukanmu seperti keset….
Ketika kamu berfikir untuk menyenangkan orang lain, kamu lupa untuk menyenangkan dirimu sendiri….
Jadi kamu memberi, memberi dan memberi, tetapi jangan kamu berikan dirimu sendiri….
Kamu nyaris memberikan semuanya. Tanyakan pada dirimu sendiri apa yang kamu inginkan dan belajarlah untuk mengungkapkannya secara diplomatis….

50 sampai 60
WOW !!!
Kamu orang yang tidak kenal takut dan tegas dan kamu biasanya melakukan apa yang kamu inginkan tanpa pikir panjang, tetapi jangan biarkan ‘sikap preman’mu itu membuat teman-temanmu takut…. Mendesak tanpa bersikap kasar itu bisa kok, dan mengutarakan dengan jelas apa yang kamu harapkan tanpa menyakiti atau memojokkan orang lain…
Perbaiki sikapmu dan bayangkan bagaimana perasaan orang lain sebelum kamu mengatakan atau melakukan sesuatu yang mungkin akan kamu sesali belakangan…
Bersikap tegas itu berbeda dengan bersikap agresif…
#NB : Mohon dimaafkeun jikala terdapat kesalahan dalam penulisan kata ataupun kalimat. yaa, sadarilah saya dan anda hanyalah manusia yang tak luput dari kesalahan…
Terimakasih sudah mampir … 🙂

 

 

Kuis : Apakah Kamu dan Dia Pasangan Serasi ????

apakah kamu dan cowokmu adalah pasangan yang cocok bagi satu sama lain ?
apakah kalian seperti amplop dan perangko ?
atau seperti apel dan jeruk ?
apasih yang bisa membuat kalian lebih terlihat cocok ??

Image

Cara untuk menjawab kuis ini adalah kalian ikuti kuis ini bersama-sama. Tetapi kalian menjawab masing-masing pertanyaan untuk diri kalian sendiri. Tulislah jawaban kalian nomor 1 sampai 25 pada 2 kertas yang terpisah. Bacalah soal bersama-sama, kemudian tuliskan huruf yang menjadi jawaban kalian. Jika sudah selesai, jumlahkan jawaban yang sama diantara kalian dan lihatlah berapa skornya 🙂
Cek it dot….

Image

1. Dalam urusan pakaian :
a)kamu suka tampil bergaya dan secara teratur menambah koleksi bajumu
b)kamu lebih suka gaya klasik dan konservatif
c)kamu suka tampil heboh dengan warna-warni ngejreng dan kombinasi yang mengejutkan
d)kamu tidak pernah pergi sekolah dengan telanjang, tapi kamu nyaris tidak memperhatikan apa yang kamu pakai

Image

2. Kamar tidurmu :
a) bergaya, sempurna. persis seperti kamar yang ada dalam foto majalah dekorasi
b) rapi, tetapi “manusiawi”
c) agak eksentrik. mungkin dengan hiasan mobil-mobilan besar tergantung di langit-langit, atau dipenuhi dengan lukisan pemandangan alam di dinding
d) penuh timbunan buku, pakaian, surat, dan majalah

Image

3. Kalau kamu ada janji pukul 2 siang. Kamu akan datang :
a) sepuluh menit lebih awal
b) tepat jam 2 siang
c) terlambat 10 menit
d) siapa tau, tidak ada pola khusus. jadi, suka-suka aku saja


Image

4. Apa yang paling tepat dalam menggambarkan sikapmu terhadap binatang ?
a) kamu orang yang suka kucing : kebahagiaanmu adalah saat anak kucing meringkuk dipelukanmu
b) kamu suka anjing : tidak ada yg lebih menyenangkan kecuali bejalan-jalan bersama anjing yang mengibas-ibaskan ekornya
c) kamu sangat suka kuda, parkit, kura-kura, atau hewan apapun yang berbulu tebal, lembut, atau bersirip
d) binatang ? iuh mereka menjijikkan


Image

5. Hari jum’at kamu dibayar $50 untuk kerja paruh waktumu. Akhir pekan ini, mungkin kamu :
a) menghabiskan $60
b) membeli satu barang yang harganya $40
c) menabung $25 dan menghabiskan sisanya untuk barang-barang biasa
d) menabungkan semuanya di bank

6. Perasaanmu terhadap olahraga disekolahmu :
a) ingin menjadi pemain kunci dalam tim olahraga sekolahmu
b) kurang begitu berminat untuk tergabung dalam tim olahraga
c) senang menonton pertandingan dan berbagai acara olahraga
d) tidak peduli – tidak ada tinju sih…

7. Tentang astrologi :
a) kamu membaca horoskop setiap hari dan sangat mematuhi kata-kata yang ada dalam setiap ramalanmu
b) kamu berfikir bahwa astrologi memiliki beberapa pengaruh terhadap sifat manusia, dan kau sering membaca horoskop harianmu
c) kamu akan mengaku bahwa beberapa orang Virgo memang perfeksionis, tetapi saat kamu membaca horoskopmu, itu hanya untuk iseng-iseng saja
d) kamu sama sekali tidak percaya kata astrologi

8. Disekolah, secara khusus kamu menikmati :
a) matematika dan sains
b) Inggris, bahasa asing, atau sejarah
c) seni dan musik
d) makan siang dan jam kosong

9. Sekarang sudah pukul 23.00 tetapi kamu masih punya setumpuk Tugas. Kamu :
a) tidur saja. Tidur juga penting
b) bertahan empatpuluh lima menit lagi untuk menyelesaikan PR.mu, meskipun dengan perjuangan yang keras
c) tetap bekerja secara tekun sampai kamu puas dengan hasilnya
d) mengatur alarm pukul 6.00 pagi

10. Liburan Idealmu adalah :
a) Mendaki gunung
b) pergi ke kota yang belum pernah kamu kunjungi dan menjelajahi restoran, musium, taman dan berbagai tempat menarik lainnya
c) berkumpul bersama kerabat dalam reuni keluarga
d) tinggal dirumah dan membaca, mengobrol bersama teman, dan melakukan apa saja yang biasanya kamu tidak punya waktu untuk melakukannya

Image

11. Ketika melihat dua teman kelasmu mencocokkan jawaban mereka selama ulangan. Kamu :
a) kecewa dan mengatakan pada gurumu untuk mengawasi siswa yang mencontek
b) berharap kamu duduk di dekat mereka. Beberapa soal tes memang sulitnya tidak masuk akal
c) berfikir bahwa itu urusan mereka sendiri. Dan melupakannya
d) merasa marah sendiri karena nyontek sudah begitu lumrah dan khawatir kalau skor mereka akan mempengaruhi kurva penilaian

Image

12. ketika guru pengganti duduk dibalik mejanya, kamu :
a) membantu beliau mengenal anak-anak dan segala sesuatunya
b) tidak membantu, juga tidak bikin ulah
c) membanting bukumu di lantai. Mottomu : “kerjain guru pengganti”
d) bolos

Image

13. Kalau kamu punya kesempatan untuk melewatkan seminggu dipantai yang hangat. Kamu akan :
a) menikmati berjalan-jalan ditepi pantai tanpa tujuan tertentu
b) melakukan berbagai macam upaya untuk membuat kulitmu kecoklatan
c) menghabiskan sepanjang waktu untuk berenang dan berselancar
d) mengeluh tentang pasir, panas, terbakar matahari, dan bete

Image

14. kamu memenangkan tiket pulang-pergi dengan tujuan sesuai pilihanmu sendiri. Kamu bersiap-siap pergi ke :
a) Fiji
b) Amerika
c) Spanyol
d) Hawaii

Image

15. makanan kesukaanmu adalah :
a) Burger keju dengan kentang goreng
b) Bistik sapi dengan brokoli dan nasi putih
c) Lontong opor dan kerupuk udang
d) Pizza

Image

16. Merokok adalah :
a) sesekali sih boleh-boleh saja, tetapi kamu benci kalau sampa terikat dengan rokok
b) bukan untukku, tapi kamu tidak masalah kalau orang lain merokok
c) tidak menarik, tidak sehat, dan jorok
d) menyenangkan. Kamu tidak menyesal karena merokok

Image

17. Menurutmu, bersumpah dihadapan umum itu :
a) normal bagi cowok dan cewek
b) oke-oke saja untuk cowok, tapi tidak untuk cewek
c) agak tidak sopan
d) benar-benar vulgar dan tidak pantas dilakukan

Image

18. kamu paling sering pergi ke :
a) konser
b) museum
c) bioskop
d) Timezone

Image

19. Olahraga secara teratur ? ya, kamu?
a) berolahraga setiap hari tidak peduli hujan atau cerah
b) melakukan sit-up, push-up, atau latihan pembentukan otot sesering mungkin
c) latihan suatu cabang olahraga secara teratur. Baik sendirian maupun dengan tim
d) bersepeda bolak-balik ke toko kue

Image

20. Berapa lama kamu ingin menuntut ilmu ?
a) cukup dengan ijazah SMA saja
b) kuliah di akademi
c) lulus S1
d) melanjutkan S2

Image

21. Ketika umur 18 tahun. kamu :
a) berencana untuk ikut memilih dalam setiap pemilihan umum dan ikut kampanye untuk mendukung calon andalanmu
b) berencana ikut pemilihan umum tingkat nasional dan lokal
c) berencana untuk ikut pemilihan umum presiden saja
d) tidak yakin apakah akan ikut pemilihan umum

Image

22. Kalau kamu menemukan uang $20 di suatu lantai mal. Kamu akan :
a) mengantonginya dan merasa gembira sekali
b) mengantonginya dan merasa bersalah
c) bertanya “ada yang kehilangan uang nggak?”
d) menitipkannya pada penjual yang ada di dekat situ

Image

23. Rumah idamanmu :
a) apartemen modern di kota besar
b) rumah peternakan abad sembilan belas yang sudah direnovasi di desa
c) rumah bata di daerah pinggiran kota
d) rumah kayu ditepi pantai

24. Jumlah anak. Kamu ingin punya berapa ?
a) tidak satupun
b) satu atau dua
c) tiga atau empat
d) lima atau lebih

Image

25. Menurutmu ! Perceraian banyak terjadi karena :
a) Pernikahan itu terlalu “membatasi”, tidak masuk akal bahwa dua orang bisa terus menikah selamanya
b) orang terlalu cepat menikah untuk alasan yang salah
c) Para pasangan yang sudah menikah itu tidak “berusaha” dengan cukup keras untuk hidup rukun
d) orang bisa berubah dan tidak ada yang tau apa yang dia inginkan

Penilaian :
Berapa jawaban kalian yang cocok ?
Jumlahkan dan lihatlah apa arti dari nilaimu…

17 sampai 25 cocok
Bravo untuk kalian berdua !! kamu dan cowok istimewamu memang cocok.
Kalian memiliki nilai-nilai, selera, pendapat, dan kebiasaan yang sama, dan kalian sama cocoknya baik disekolah maupun santai…
Nikmati hubungan kalian , pasangan yang sempurna, tetapi berhati-hatilah agar jangan sampai kehilangan individualitasmu. ..
Dalam jangka panjang, kau akan bosan untuk barengan terus dengan “kembaran”mu. …
Cobalah untuk memiliki saat-saat sendiri, jangan berduaan terus, diskusikan pandangan-pandangan, perasaan-perasaan, dan proyek-proyek kalian. ..
Menjadi pasangan yang serasi adalah awal yang bagus. Kalau untuk masa depan sih ya terserah kalian..

8 sampai 16
Kalian berdua memiliki perbedaan. …
Tetapi, banyak dari prioritas, karakter, dan cara pandang kalian yang sama. …
Sepertinya kamu dan cowokmu saling melengkapi dan memiliki satu hubungan yang dinamis dan menarik, dengan banyak hal yang bisa kalian bicarakan sepanjang waktu. …
Kalian dapat belajar untuk melakukan debat politik, agama, da film mana yang akan ditonton tanpa saling gontok-gontokan, kalian bisa menjadi pasangan yang cocok satu sama lain. ..
Komrpomi dan toleransi adalah ‘lem’ yang diperlukan untuk membuatmu tersenyum sepanjang waktu.

0 sampai 7
Kamu barusaja membuktikan pepatah lama : ‘yang berlawanan itu menarik’. ..
Banyak orang liberal dan konservatif. Orang yang boros dan suka menabung, orang yang bagaikan kucing dan anjing, si serampangan dan si rapi dapat menjadi pasangan yang bahagia. ..
Kalau kalian memberi kesempatan terhadap satu sama lain untuk saling memberi dan menerima, kalian bisa mendapati bahwa kalian bisa seakur pasangan yang kelihatannya kembar identik. ..
Tetapi, hubungan kalian itu lebih ‘menantang’. Kebiasaan khusus yang sepele dapat membuat kamu senewan. Misalnya kalau dia sering terlambat ketika sudah bersiap-siap lebih awal. ..
Dan ada suatu isu besar yang harus kalian atasi : kalau kamu menginginkan gelah Ph.D, sedangkan dia tidak ingin melanjutkan ke kelas 3 SMA, mungkin kalian bukan pasangan yang udah ditentukan dari ‘sono’nya. Untuk sekarang ini, nikmatilah hubungan kalian, belajarlah satu sama lain, nikmati pencarian mengapa karakter, nilai-nilai, dan selera kalian saling berbeda…

 

My Personal Page (parTwo)

Hallo semuanya..
ketemu saya lagi di halaman ini…
disini nih, saya gak akan berpanjang-panjang ataupun berlebar-lebar..
nanti kaya saya lagi lebar 😀 hi hi hi…
okedeh, langsung aja…

saya akan menceritakan, memberitahu, dan juga membagi info nih…
sebagian besar tulisan saya yang ada di situs ini itu adalah hasil saya membaca dari buku “Girltalk (obrolan cewek) – semua hal yang tidak pernah diberitahu kakak cewekmu” beberapa bagiannya memang saya persingkat tapi tetap saja masih sama artinya dengan yang dibuku…

Image

nah, buku itu adalah tulisan dari seorang Ibu dari dua orang perempuan . Beliau adalah Carol Weston.
sekedar info saja yaa, Carol dibesarkan di Armonk, New York dan sekarang tinggal di Manhattan dengan suaminya yang seorang penulis naskah film dan tentunya bersama anaknya tersebut…

Image

Buku Girltalk sendiri pertama kali terbit pada tahun 1985 yang telah diterjemahkan dalam bahasa Cina, Ceko, Rusia, Polandia, Rumania, Indonesia, dan lain-lain. Buku Girltalk tersedia dalam berbagai edisi diantaranya For teens only, For girl only, dan Private and Personal (semuanya berisi nasihat), dan massiiiih buanyaaaak lagi…

Image

Buku-buku Girltalk karya Carol berisi tentang informasi-informasi yang dibutuhkan para remaja khususnya cewek (tapi cowok juga ada) dan juga berisi tentang surat-surat pembaca yang telah dijawab langsung oleh Carol dalm sesi “Dear Carol”

Kalau anda menanyakan pendapat saya tentang buku ini…
wuuuah buagus sekali bukunya..
saya harus berterimakasih nih pada Ayahku tercinta yang sudah membelikan aku buku ini setahun yang lalu (huahahaha curhat)
balik lagi yuuuuk..
buku ini tuh lengkap banget dari mulai tips, informasi, fakta, dll ada…
komplit deh,, jadi buku ini bisa dijuluki psikolog yang gak bisa bicara.
 Karena buku ini bisa menjawab hampir semua pertanyaan saya tentang masalah ramaja…
cocok digunakan untuk bahan tugas sekolah juga..
contohnya nih buat bahan pidato permasalahan remaja, dll…
sayangnya nih hanya satu kekurangannya…
dari buku yang tebalnya hanya kira-kira 2,5 cm ini, isinya kebanyakan tulisan (tapi adalah gambarnya beberapa getuu, tapi ya kaga sebanyak tulisannya *yeiyelah kalo banyak gambarnya komik namanye* hehehe)
sebenernya sih enggak masalah ya,, Cuma berhubung saya orangnya tidak hobby membaca.. jadi buat saya sih tulisan dibuku itu tuh kaya semut baris..
tapi niih, bagi yang gak suka baca kaya saya..
anda-anda bisa membacanya bertahap, kaya saya dong…
karena buku ini tidak seperti novel, tetapi buku ini seperti majalah dengan info-info menarik dan lengkap jadi bacanya bisa loncat-loncat deh dari halaman sini ke halaman sono…
sip deh,, Tertarik kan ????
makannya beli dong bukunya…
kalau gak beli juga enggak apa-apa deh, tinggal baca saja situs ini..
hampir sama deh..
kira-kira perbandingan ketersediaan infonya 5:500
sip kan ?
makannya tongkrongin terus situs www.sipananda.wordpress.com karena bakalan ada info-info dan hal-hal menarik lainnya yang akan saya post disini…
tungguin ye…
udah deh, segitu aje 😀
maaf kalau ade salah kate yee…
makasih ye…
bubay :*

Image

salam saye..
Ken Lisa Nanda (SATUDUAICHA)
numpang narsis…

Image