TAKTIK UNTUK MENJADI PELAJAR YANG SUKSES

  1. Harus paham bukan sekedar mengahafal.

Maksudnya disini adalah kalo kamubelajar itu jangan pake sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) atau SBT (Sistem Buka Tutup). Yaitu dimana kamu cuma belajar sehari sebelum ulangan atau lebih tepatnya malam sebelum ujian, sedangkan sistem SBP disini adalah sama hal nya dengan mencontek buku atau catatan yang telah kita buat

2.       Harus membaca minimal 2 kali sehari.

Kebiasaan anak sekarang cuma pake sistem yang ada di nomor satu, kadang catatan yang udah ditulis lupa atau lebih tepatnya lagi males di baca, makannya guru sekarang banyak yang minta muridnya buat nulis ulang ke buku tulis padahal buat apa ada mesin fotocopy kalau kita harus cape-cape nulis lagi alasannya sih paling ga murid-murid udah baca sekali dibanding harus fotocopy habis diterima ga tau pada kemana kertasnya

3.       Merangkum.

Banyak yang salah mengartikan bagian ini, biasanya murid-murid emang pada merangkum sebelum hari ujian tujuannya biar ngerjain soalnya gampang apalagi sebelum ujian guru-guru pada kasih kisi-kisi buat ujian dan itu sangat membantu buat yang mencontek

4.       Membuat kata kunci.

Buat yang sulit untuk memahami materi lebih baik menggunakan kata kunci sebagai pengganti kata yang kurang difahami. Tetapi bukan dalih untuk mencontek

5.       Pilih waktu yang belajar yang tepat.

Jangan belajar terus menerus menjelang akhir ujian. Tetaplah tenang dan jangan tegang. Saat tegang otak kita tidak dapat menerima apapun yang diberikan oleh mata (bacaan) sehingga percuma saja kita belajar kalau dalam keadaan tegang

6.       Buat suasana belajar yang nyaman.

Paling enak sich belajar di bawah pohon atau padang rumput, perpustakaan, dll. Ciptakan suasana belajar yang nyaman menurutmu

7.       Bentuk kelompok belajar.
Bisa kelompok belajar satu sekolah. paling tidak dalam satu kelompok belajar masukkan siswa yang ahli dalam bidang tersebut agar dapat membantu teman-teman yang lainnya

8.       Latihan sendiri.

Untuk mereview ulang pelajaran yang udah diberikan lebih baik kamu kerjain soal yang ada di buku.

9.       Kembangkan materi yang telah didapat.

Jangan malu bertanya apabila ada pelajaran yang tidak dimengerti.

10.   Istirahat.

Nah bagian ini penting banget nih, otak juga butuh istirahat jangan kamu paksa otak kamu secara berlebih karena itu amat sangat tidak baik

Semoga Bermanfaat….

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s