Kuis : Lebih mengenal dirimu

Kita semua kenal dengan orang-orang yang bersedia menaggalkan kausnya demi temannya yang kedinginan, dan orang-orang yang tidak sudi memberikan waktunya sedikitpun untuk kita.
Kamu termasuk tipe yang mana ???
Apakah kamu terlalu baik ???
atau malah Tidak cukup baik ???
Untuk mengetahuinya, jawablah pertanyaan dibawah ini dengan memilih jawaban yang paling tepat dengan dirimu.
Lalu lihat skornya….

Image

1. Kamu baru saja menjaga anak-anak dari pukul 9.00 sampai 14.00. Ibu mereka pulang, mengambil dompetnya dan berkata “aku harus membayarmu empat jam”. Kamu ?
a) menjelaskan dengan sopan bahwa yang dia maksud adalah lima jam
b) menerima bayaran empat jam karena kamu tidak mau ribut-ribut dengannya dan kamu ingin agar dia
memintamu untuk kembali bekerja disitu
c) katakan padanya bahwa kamu tidak mau dicurangi atas uang yang harusnya kamu dapatkan
d) berkata “hmm, dari 9 ke 10, 11, 12, 1, 2 dengan suara yang ragu-ragu”

2. Kamu tidak begitu menyukai teman kencanmu. Tetapi  dia membawamu ke restoran yang mahal untuk makan malam. Dalam perjalanan pulang, dia melajukan mobilnya ke jalan yang sepi dan gelap, menepikan mobilnya, dan tiba-tiba mendekat untuk menciummu, kamu ?
a) bicara merepet setiap kali dia merapatkan tubuhnya ke arahmu
b) mendorongnya menjauh dan mendesaknya untuk mengantarkanmu pulang
c) membalas ciumannya. Kamu merasa perlu membalas kebaikannya
d) mengatakan padanya bahwa kamu menikmati malam itu, tapi kamu belum siap untuk mulai serius atau
lebih intim

3. Pagi ini, kelasmu diberi kejutan ulangan sejarah yang sulit. Gurumu memperingatkan kalian untuk tidak memberitahu kelas sore karena nanti mereka juga akan diberi kejutan ulangan itu. Sorenya, kamu bertemu dengan cewek yang ngetop disekolahmu dan dia bertanya “Bagaimana pelajaran sejarahnya ?”. kamu :
a) pura-pura tidak mendengar dan memuji sepatunya
b) berkata “lihat sendiri saja deh nanti” dan segera pergi
c) memberitahunya tentang ulangan itu, dan ketika dia membujukmu untuk memberi bocoran, kamu membisikkan soal-soalnya
d) menjawab “tidak begitu menyenangkan” dan mengubah pembicaraannya

4. Seorang cowok mengajakmu nonton film pembunuhan sadis yang berdarah-darah yang jelas tidak kamu sukai. Kamu :
a) berkata “ide yang sangat bagus. Aku sudah tidak sabar menontonnya”
b) bertanya “ada film lainnya?”
c) berkata “kalau kamu bener-bener ingin nonton, aku mau saja”
d) menjawab “tidak terima kasih, aku tidak tahan nonton film yang penuh kekerasan

5. Kamu sedang belajar untuk mempersiapkan tes bahasa Inggris besok pagi ketika temanmu yang hobi curhat meneleponmu. Kamu ?
a) berkata, “aku tidak bisa ngobrol denganmu sekarang”
b) meladeni obrolannya sampai hampir 1 jam
c) berkata, “kita ngobrol 5 menit saja ya, setelah itu aku harus belajar lagi”
d) panik, “papa memanggilku, aku harus pergi kesana, udah ya!”

6. Teman kelasmu yang pernah meminjam uang darimu untuk makan siang, tetapi tidak pernah mengembalikannya, bertanya apakah kamu mau meminjami dia uang untuk makan siang lagi. Kamu ?
a) menolak untuk meminjaminya dan mengingatkannya bahwa ia masih punya hutang yang belum dibayar
b) berkata, “aku tidak bawa uang lebih hari ini”
c) memberinya Rp 20.000
d) berkata, “Lupakan saja!”  dan menyeringai supaya dia tahu bahwa kamu tak percaya dia masih punya nyali untuk pinjam uang lagi

7. Seorang temanmu mengembalikan sweater kuningmu yang dipinjamnya, dengan noda baru berwarna coklat persis di bagian depan. Kamu ?
a) berkata, “berani-beraninya kau mengembalikan sweaterku dalam keadaan seperti ini?”
b) memintanya untuk mencoba mencucinya dengan tangan atau men-dry-clean sweater itu
c) berkata “Terimakasih” dan pura-pura tidak melihat noda itu
d) mengangkat sweater itu sedemikian rupa sehinggga dia tau kamu sedang melihat noda itu dan berharap dia bersedia memberi penjelasan

8. Kamu dan selusin temanmu tergabung dalam panitia untuk merencanakan piknik sekolah. Untuk besok sore jam 4 sudah ditetapkan suatu pertemuan. Tetapi ketua panitia memajukkannya menjadi jam 3 sore. Dia memintamu untuk menelepon semua anggota panita untuk memberitahukan perubahan jam itu. Kamu ?
a) nanti malam aku tidak dirumah, jadi aku tidak bisa membantumu
b) mulai mengumpulkan nomor telepon mereka
c) berkata, “aku akan menelepon beberapa orang. Tapi mari kita bagi tugas saja”
d) menjawab dengan mantap, “yang mengubah jadwal kan kamu sendiri. Jadi yang harus menelpon mereka ya kamu sendiri!”

9. Setiap kali kamu pergi bareng denga temanmu Justin, ujung-ujungnya kamu harus membantunya mencuci mobil atau menyiangi rumput. Hari ini, dia meneleponmu untuk menemani dia yang sedang merakit lemarinya. Kamu ?
a) berkata, “nggak mau ah, kecuali kamu sudah siap untuk melakukan suatu hal yang menyenangkan diluar rumah, kasih tau aku ya!”
b) menjawab “oke, aku akan pergi kesana” . toh, selama ini dia menikmati waktunya bersamamu
c) berkata, “maaf, aku lagi sibuk banget nih”
d) mengatakan sesuatu seperti “aku akan membantumu tapi dengan satu syarat : setelah itu kita pergi
beli es krim dan jalan-jalan”

10. Tantemu telah menunjukkan dua buku album keluarganya, dan kamu merasa bosan ketika dia membuka buku ketiga. Kamu ?
a) dengan sopan bertanya, “siapa pasangan ini dan bagaimana Tante kenal mereka ?”
b) berkata, “aku sudah bosan dengan album keluarga”
c) mengajaknya pergi jalan-jalan dan melanjutkan album berikutnya nanti saja
d) bertanya, “apa mata tante tidak capek?”

11. Lima cewek/cowok nyelonong begitu saja di antrian depanmu pada suatu konser. Kamu ?
a) melangkah ke depan mereka dan menunjukkan kepada setiap orang dari mereka bahwa kamu sebal dengan tingkah mereka yang tidak sopan itu
b) berdehem keras beberapa kali dan memelototi mereka
c) berdiri diam dibelakang mereka. Kamu tidak mau ribut-ribut
d) berkata, “maaf ya, tapi antrian kalian dibelakang sana”

12. Akhirnya cowok/cewek yang kamu taksir mengajakmu pergi bareng, dan kalian pergi ke suatu restoran yang ramai. Tiba-tiba tetangga sebelah rumahmu dan anak laki-lakinya yang masih SD itu lewat didepan mejamu. Anak laki-laki itu senang sekali melihatmu, sehingga ibunya bertanya, “boleh kami gabung?”. Kamu ?
a) menundukkan kepalamu dalam-dalam di balik daftar menu sampai tetanggamu yang keheranan itu
pergi sendiri
b) berkata bahwa kamu akan mampir kerumah mereka, tapi sekarang kamu perlu membicarakan sesuatu dengan temanmu
c) berkata, “maaf, kamu akan membicarakan sesuatu yang pribadi”
d) dengan agak linglung kamu mendengar dirimu menjawab, “tentu saja, silahkan duduk”

13. Ada seorang cewek/cowok ngetop yang selalu meminta bantuanmu untuk mengerjakan PR matematika di aula belajar, tetapi nyaris tak pernah bicara denganmu diluar sekolah. Sekarang dia berjalan mendekatimu lagi dengan ramah sambil membawa buku geometri. Kamu ?
a) berkata, “minggat sana cewek/cowok munafik!”
b) membantunya, tapi sambil ngedumel, mengetuk-ngetukkan jari dan melihat arlojimu
c) membantunya seperti biasanya. Itu lebih mudah daripada mencoba melakukan suatu perlawanan
d) menjelaskan bahwa kamu akan lebih suka membantunya disekolah seandainya dia mau bersikap
ramah diluar sekolah

14. Kamu sudah mengumpulkan sering kali lembur di toko tempatmu bekerja sambilan. Jam pulangmu adalah pukul 5 sore. Tetapi majikanmu memintamu untuk tetap bekerja sampai toko tutup pada pukul 9 malam. Kamu sudah kecapekan, sudah janji kepada orang tuamu untuk makan malam bersama, dan kamu harus membaca novel untuk resensi pada pelajaran bahasa indonesia. Kamu ?
a) berkata, “saya sudah ada janji malam ini, tapi kalau anda benar-benar membutuhkan saya, mungkin aku bisa lembur lagi”
b) meminta maaf dan menolak untuk lembur lagi karena kamu sudah ada janji
c) setuju untuk bekerja tanpa mengeluh sedikitpun
d) sambil setengah merajuk kamu mengatakan bahwa dia lupa kamu punya kehidupan pribadi

15. Seorang cowok/cewek yang sama sekali tidak kamu suka terus-terusan meneleponmu untuk mengajakmu pergi. Kamu sudah mengajukan seribu satu alasan. Tetapi dia tidak pernah mengerti sinyal-sinyal itu, dan dia meneleponmu lagi. Kamu ?
a) langsung menutup telepon begitu kamu mengenali suaranya
b) menjelaskan sediplomatis mungkin bahwa kamu menyukainya, tapi hanya sebatas teman
c) berkata, “aku punya banyak PR yang harus segera aku kerjakan. Tapi terimakasih atas ajakanmu, lain kali telpon lagi, ya!”
d) memutuskan untuk pergi bersamanya, tanpa peduli dengan perasaanmu sendiri

Penilaian

Gimana ???
Apakah kamu terlalu baik ????
tidak cukup baik ????
temukan skor kebaikanmu dengan melingkari huruf yang menjadi jawabanmu diatas. Lalu jumahkan skormu dan lihatlah hasilnya…

1)         A.1       B.3       C.4       D.2

2)         A. 2      B.4       C.3       D.1

3)         A.2       B.4       C.3       D.1

4)         A.3       B.1       C.2       D.4

5)         A.4       B.3       C.1       D.2

6)         A.1       B.2       C.3       D.4

7)         A.4       B.1       C.3       D.2

8)         A.2       B.3       C.1       D.4

9)         A.4       B.3       C.2       D.1

10)       A.3       B.4       C.1       D.2

11)       A.4       B.2       C.3       D.1

12)       A.2       B.1       C.4       D.3

13)       A.4       B.2       C.3       D.1

14)       A.2       B.1       C.3       D.4

15)       A.4       B.1       C.2       D.3

15 sampai 25
Selamat !!!
Kamu tau apa yang kamu inginkan dan cukup berani untuk mengungkapkannya, tetapi kamu selali ingat dan mempertimbangkan perasaan orang lain. …
Ketika muncul masalah, kamu langsung menghadapinya. …
Karena kamu orang yang sopan dan percaya diri, teman-temanmu juga menghargaimu…

26 sampai 37
Ada tipe singa ada juga tipe domba, dan kamu ada ditengah-tengahnya….
Biasanya kamu berusaha membebaskan diri dari keadaan yang tidak menyenangkan….
Tetapi alih-alih menghadapi masalah itu secara langsung, kamu sering melarikan diri dari pintu belakang, berusaha mengelak dan mengatakan sesuatu dengan sungkan….
Kamu sering mendapat masalah gara-gara kamu suka berbasa-basi? Lagi-lagi kamu mendapati dirimu terperangkap dalam lubang yang sama….
Alasanmu mungkin ampuh untuk satu kali saja, tetapi kamu harus memikirkan alasan yang baru…. Bersikaplah peka, tetapi mulailah membicarakan apa yang ada dalam pikiranmu agar mereka tidak terlalu banyak menebak-nebak….

38 sampai 49
Murah hati, penuh simpati, suka menolong. Itulah dirimu !!!
Tetapi menjadi orang yang mendesak itu tidak lebih baik daripada orang yang didesak, jadi jangan biarkan kebaikan hatimu itu salah arah…
Kalau kamu meminjamkan satu-satunya payungmu ketika kamu berada di tengah hujan badai, itu bersikap baik terhadap orang lain, tetapi tidak bersikap baik untuk dirimu sendiri….
Banyak yang mengasihimu karena kelembutan hatimu, tetapi banyak juga orang lain yang mencoba memanfaatkanmu….
Beberpa orang menyebalkan memintamu untuk sesuatu yang menyenangkan mereka….
Tetapi alih-alih menunjukkan penghargaannya, mereka malah memperlakukanmu seperti keset….
Ketika kamu berfikir untuk menyenangkan orang lain, kamu lupa untuk menyenangkan dirimu sendiri….
Jadi kamu memberi, memberi dan memberi, tetapi jangan kamu berikan dirimu sendiri….
Kamu nyaris memberikan semuanya. Tanyakan pada dirimu sendiri apa yang kamu inginkan dan belajarlah untuk mengungkapkannya secara diplomatis….

50 sampai 60
WOW !!!
Kamu orang yang tidak kenal takut dan tegas dan kamu biasanya melakukan apa yang kamu inginkan tanpa pikir panjang, tetapi jangan biarkan ‘sikap preman’mu itu membuat teman-temanmu takut…. Mendesak tanpa bersikap kasar itu bisa kok, dan mengutarakan dengan jelas apa yang kamu harapkan tanpa menyakiti atau memojokkan orang lain…
Perbaiki sikapmu dan bayangkan bagaimana perasaan orang lain sebelum kamu mengatakan atau melakukan sesuatu yang mungkin akan kamu sesali belakangan…
Bersikap tegas itu berbeda dengan bersikap agresif…
#NB : Mohon dimaafkeun jikala terdapat kesalahan dalam penulisan kata ataupun kalimat. yaa, sadarilah saya dan anda hanyalah manusia yang tak luput dari kesalahan…
Terimakasih sudah mampir …🙂

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s